Modernisasi


Pengertian Modernisasi




         Pada dasarnya setiap masyarakat menginginkan perubahan dari keadaan tertentu ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan yang lebih maju dan makmur. Keinginan akan adanya perubahan itu adalah awal dari suatu proses modernisasi.

Berikut ini adalah beberapa pengertian modernisasi dari beberapa pakar,

Wilbert E Moore

modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi social kea rah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi cirri Negara barat yang stabil.

J W School

modernisasi adalah suatu transformasi, suatu perubahan masyarakat dalam segala aspek-aspeknya.

Berdasar pada dua pendapat diatas, secara sederhana modernisasi dapat diartikan sebagai perubahan masyarakat dari masyaraat tradisional ke masyarakat modern dalam seluruh aspeknya. Bentuk perubahan dalam pengertian modernisasi adalah perubahan yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasa diistilahkan dengan social planning.


MACAM-MACAM CONTOH MODERNISASI

Karena berkembangnya zaman yang semakin modern dengan penemuan-penemuan dari segi komunikasi dan transportasi.

Berikut ini adalah contoh-contoh MODERNISASI.

Perubahan Becak yang semakin modern dari jaman dahulu hingga sekarang


Becak merupakan sebuah kendaraan yang begitu sederhana dibandingkan dengan mobil. Pada zaman dahulu Becak itu terbuat dari kayu dan ditarik oleh manusia. Manusia itu sebagai mesin penggerak becak tersebut dan itu pertama kali di China.
Berikut ini adalah gambarnya


Setelah berkembangnya pemikiran manusia dan bertujuan untuk memudahkannya, becak pun dibuat berjalan dengan cara di Goes dengan Kaki.
 berikut gambarnya becak goes

 Karena jaman semakin berubah ketika manusia menemukan mesin, Becak pun dibuat dengan mesin seperti gambar berikut.


Gambar diatas merupakan becak ter-modern dari becak-becak sebelumnya.


Perubahan angkutan unta menjadi toyota(mobil)

Dahulu Manusia berpindah tempat dari tempat satu ke tempat yang lain menggunakan unta, mungkin unta bisa disebut sebagai kendaraan manusia di jaman dahulu. Unta merupakan sebuah kendaraan darat yang dibutuhkan manusia dijamannya..


* Gambar orang menaiki unta

Setelah ditemukannya mobil sebagai kendaraan, manusia beralih menggunakan mobil untuk berpindah tempat satu ke tempat yang lain karena lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan unta.

 Semakin banyak mobil yang tercipta dan semakin banyak pembelinya, unta sebagai kendaraan pun mulai kurang peminat.
Namun unta sekarang lebih dipilih sebagai kendaraan di tempat wisata.
Manusia lebih memilih Toyota daripada Unta ( hanya sebuah Guyonan )



 Perubahan Mobil dari pertama ditemukan sampai yang paling canggih

Mobil adalah transportasi yang sangat diminati di jaman modern sekarang ini. Pada jaman dahulu mobil berbentuk sangat sederhana di bidang teknologinya, dengan menggunakn velg yang sangat sederhana tanpa atap yang melindungi pengendaranya di kala hujan turun.

Setelah ada pembaruan dan berbagai penelitiantentang mobil, mobil pun memiliki banyak perubahan dari segi bahan yang tadinya dari kayu kemudian berubah menjadi baja karena kebutuhan manusia yang semakin kompleks.
Bahan kayu sangat riskan untuk cepat rusak, karena itu mobil dibuat dari bahan baja dengan velg jari-jari yang sekarang hanya dibuat untuk motor.
 Mobil mengalami perubahan di bidang mesin, seperti berubahnya jumlah kecepatan yang dulu mobil itu sangat lambat dibandingkan sekarang.
Tehnologynya pun menjadi lebih bagus dari yang dulu, dan dengan design yang sangat membuat manusia nyaman saat menggunakannya.


Karena manusia selalu kurang puas, mobil pun dibuat untuk balapan hanya demi gengsi dan kepuasan semata.



Perubahan cara untuk membajak sawah 

Pada zaman dahulu para petani menggunakan kerbau untuk membajak sawah, mereka memukul kerbau agar mau berjalan untuk membajak sawah.


Seiring berjalannya zaman, tehnology yang semakin berkembang. Para petani menggunakan traktor untuk membajak sawah untuk mempermudah pekerjaanya.


Perubahan Cara berjualan 

Dari zaman ke zaman ke zaman mengalami sebuah perubahan yang significant termasuk cara berjualan. Misalnya penjual jamu dahulu berjualan dengan menggendong sebuah bakul dan berkeliling kampung dengan berjalan kaki 

 .

Karena terciptanya sepeda para penjual jamu itu pun berubah cara berjualannya dengan menggunakan sepeda karena lebih mudah untuk mengelilingi kampung sambil berjualan.
Alat transportasi pun semakin mengarah ke kemajuan, dengan terciptanya motor para penjual membeli motor untuk berjualan . karena sangat mudahnya berjualan dengan motor, tidak terasa capek, cepat, dan lebih praktis.

Bookmark and Share